Sasaran pengembangan Knowledge management adalah to
known, to retain, to enrich dan to inovate. Hal ini menjadi sasaran dan
strategi dalam pengembangan Knowledge management pada suatu perusahaan. Berkut penjelasan sasaran dan strategi pengembangan KM :
- To Known : dalam hal ini knowledge management adalah proses pembelajaran antar team(people) didalam organisasi atau perusahaan untuk mengetahui apa yang organisasi atau perusahaan tahu.
- To retain : dalam hal ini knowledge management dibutuhkan untuk menjaga pengetahuan yang menjadi aset bagi organisasi atau perusahaan, knowledge management juga memberikan kemampuan untuk mencipta, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan yang diperlukan dan berguna bagi pencapaian semua jenis tujuan bisnis. Sehingga knowledge management dibutuhkan untuk mengalirkan pengetahuan yang tersimpn pada beberapa individu sehingga menjadi milik organisasi.
- To enrich : dalam hal ini knowledge management diperlukan untuk memperkaya pengetahuan organisasi atau perusahaan. Setelah pengetahuan ditangkap dan dituangkan dalam bentuk explicit maka organisasi atau perusahaan harus mampu membagikan pengetahuan itu kepada karyawan lainnya agar mampu memberikan masukan ataupun inspirasi untuk mengembangkan pengetahuan tersebut lebih lanjut sehingga menghasilkan sebuah inovasi baru dan pengetahuan yang relevan disaring agar knowledge asset yang disimpan merupakan knowledge yang benar-benar dibutuhkan.
- To inovate : dalam hal ini knowledge management menjadi kebutuhan bagi organisasi atau perusahaan yang inovatif karena untuk melakukan inovasi sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan dukungan pengetahuan, karena pengetahuan yang bersumber dari data dan informasi merupakan bahan baku inovasi dan inovasi yang baik pasti selalu ditopang oleh pengetahuan yang mutakhir.
Inilah diantara alasan mengapa semua organisasi
atau perusahaan membutuhkan knowledge management, untuk salah satu tujuan utama
yaitu meningkatkan intagible asset dari perusahaan atau organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar