Learning before, learning during serta learning after

Dalam aktivitas pengembangan Knowledge Managemen, dikenal dengan istilah learning before, learning during serta learning after, berikut pengertian masing-masing istilah :



Learning before : pembelajaran sebelum suatu aktivitas dimulai, bisa dilakukan melalui inisiati peer assist, yang prinsipnya belajar sebelum melakukan, dimana inisiatif datang dari orang yang akan melakukan pekerjaan sehingga sesuai dengan kebutuhan. Sebelum melakukan aktivitas atau suatu proyek biasanya dilakukan berbagai persiapan dengan mengumpulakan informasi diseputar aktivitas yang akan dilakukan: apa, mengapa, bagaimana, berapa lama, siapa yang pernah melakukan, dimana kunci suksesnya, dimana kesulitannya dst. Di sini terjadi proses pembelajaran yang memungkinkan orangmendapatkan pengetahuan baru atau update pengetahuan lama.

Learning during : melaukan pembelanjran selama aktivitas berjalan dilakukan selama bekerja, dimana setiap pembelajaran yang didapatkan selama bekerja ditangkap untuk dapat dibagikan kepada orang lain yang memiliki knowledge yang sama. Ketika melakukan aktivitas banyak hal bisa dipelajari terutama ketika aktivitas tidak bisa berjalan sesuai rencana, muncul situasi baru yang berbeda dengan biasanya, kegagalan, kecelakaan, atau kejadian lainnya. Proses pembelajaran akan efektif bila pelaku bisnis menyediakan waktu jeda diantara satu aktivitas dengan aktivitas lainnya untuk menganalisa apa yang sedang terjadi dan bila diperlukan melakukan koreksi terhadap langkah berikutnya. Dalam KM, shared learning tidak sekedar teori-teori atau artikel, tetapi haruslah sesuatu yang bersifat applicable.

Learning after
: melakukan pembelajaran sesudah ketika aktifitas selesai atau sesudah melakukan pekerjaan, biasanya setelah proyek. Di akhir pelaksanaan suatu tugas proses pembelajaran akan terjadi ketika orang melakukan evaluasi atas apa yang sudah dilakukan. Dalam proses pembeljaran tersebut orang akan mendapatkan pemahaman baru (lesson learned) untuk memperkaya, meng-update atau mengkoreksi pengetahuan yang sudah ada. Dalam suatu proyek banyak sekali pembelajaran yang didapatkan, namun terdapat benang merah dan hubungan sebab akibat. Di sini kita bisa mengambil tema-tema yang penting dalam proyek tersebut untuk dipetik pembelajarannya. Melalui learning before-during dan after, maka kita akan mendapatkan pengetahuan tervalidasi yang dapat digunakan sehingga menghasilkan nilai yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar